Program Bimbingan dan Fasilitasi TIK
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
|
1.
PERENCANAAN
|
|||||
a. Menentukan ruang lingkup materi bimbingan
TIK
|
Menentukan ruang lingkup
bimbingan TIK
|
Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan
|
Awal semester
|
||
b. Merumuskan Kompetensi Bimbingan TIK
|
Agar terdapat rumusan
kompetensi
|
Guru TIK
|
Awal semester
|
||
c. Menyusun Silabus
|
Mendapatkan acuan silabus
pembimbingan TIK
|
Guru TIK
|
Awal semester
|
||
d. Menyusun Program Tahunan dan Program
Semester
|
Mengetahui kegiatan
pembimbingan dalam per tahun dan per semester
|
Guru TIK
|
Awal semester
|
||
e. Menyusun Rencana bimbingan TIK
|
Rancangan rencana
pembimbingan TIK
|
Guru TIK
|
Awal semester
|
||
f. Menyusun progam kelompok atau pengembangan
diri
|
Membimbing sesuai dengan
kompetensi dan bidang minat
|
Guru TIK
|
Awal semester
|
||
g. Mempersiapkan media dan materi bimbingan
|
media dan materi sebagai acuan pembimbingan
TIK
|
Guru TIK
|
Awal semester
|
||
2.
PELAKSANAAN
|
|||||
a. Orientasi Bimbingan TIK
|
Pengenalan Program
Bimbingan TIK
|
Siswa
|
Awal semester
|
||
b. Bimbingan Klasikal/Kelompok
|
Agar Informasi dapat
tersampaikan secara menyeluruh dengan tema yang sama
|
Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan
|
minimal 5 kali per
semester untuk siswa dan 2 kali per semester untuk guru serta tenaga
kependidikan
|
||
c. Bimbingan Individual
|
agar informasi dapat
tersampaikan sesuai dengan kebutuhan dan kompetensinya
|
Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan
|
Selama jam kerja
|
||
3.
PENILAIAN
|
|||||
a. Tes Tulis
|
Mengetahui pengetahuan
siswa
|
Siswa
|
Akhir semester
|
||
b. Observasi
|
Mengetahui sikap dan
keterampilan penggunaan TIK
|
Siswa
|
Selama kegiatan bimbingan
TIK
|
||
c. Unjuk kerja
|
Mengetahui keterampilan siswa
|
Siswa
|
Akhir semester
|
||
d. Refleksi hasil bimbingan
|
Mengetahui tingkat
keberhasilan bimbingan
|
Siswa
|
Akhir semester
|
||
4
|
TINDAK LANJUT
|
||||
Tindak Lanjut
|
Memperbaiki program
bimbingan TIK
|
Guru TIK
|
Awal semester berikutnya
|
||
Program Tahunan Bimbingan TIK
No.
|
RUMUSAN KOMPETENSI / MATERI
|
Sasaran Kelas
|
Jumlah siswa sasaran
|
Jenis bimbingan
|
Waktu
|
1
|
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk
mengolah informasi
|
XII
|
336 Siswa
|
||
1.1. Menjelaskan
tentang perangkat lunak pengolah kata
|
Klasikal, Individual
|
Semester 1
|
|||
1.2. Mengidentifikasikan
menu dan ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pengolah kata
|
Klasikal, Individual
|
Semester 1
|
|||
1.3. Menjelaskan fungsi
menu dan ikon
yang terdapat dalam perangkat lunak lunak
pengolah
kata
|
Klasikal, Individual
|
Semester 1
|
|||
1.4. Membuat
dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata
|
Klasikal, Individual
|
Semester 1
|
|||
1.5. Menggunakan
perangkat lunak pengolah kata untuk keperluan informasi dan komunikasi
|
Klasikal, Individual
|
Semester 1
|
|||
2
|
Menggunakan perangkat lunak pembuat
presentasi
|
||||
2.1. Menjelaskan
tentang perangkat lunak pembuat presentasi
|
Klasikal, Individual
|
Semester 2
|
|||
2.2. Mengidentifikasikan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
|
Klasikal, Individual
|
Semester 2
|
|||
2.3. Menjelaskan
fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pembuat presentasi
|
Klasikal, Individual
|
Semester 2
|
|||
2.4. Membuat presentasi teks
dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
|
Klasikal, Individual
|
Semester 2
|
|||
2.5. Menggunakan
perangkat lunak pembuat presentasi untuk keperluan informasi dan komunikasi
|
Klasikal, Individual
|
Semester 2
|
|||
3
|
Program kelompok peminatan/pengembangan diri
|
||||
3.1. Melakukan bimbingan kelompok pengembangan diri
|
Kelompok
|
Semester 1, 2
|
|||
4
|
Bimbingan individual, dapat dilakukan setiap waktu tanpa terjadwal
|
||||
4.1. Melakukan bimbingan individual
|
Individu
|
Semester 1, 2
|
No comments:
Post a Comment